5 Alasan Saya Balik Ke Writer Plus


Setelah beberapa kali bereksperimen, install-uninstall, aplikasi menulis di Android. Mulai Simplenote, Jotterpad, Writer, Pure Writer, Evernote, Monotype.

Akhirnya saya 'balik kucing' ke Writer Plus.

Sejak saya menemukan passion di dalam dunia tulis-menulis, saya mulai aktif menulis. Menulis via handphone menjadi pilihan saya, secara laptop di rumah kurang bisa diajak kompromi. Maklum udah uzur, Windows-nya saja masih menggunakan Windows XP.

Belum lagi dari bobot dan baterainya yang sudah usang. Membuatnya tak sanggup jauh dari colokan.

Alhasil, saya lebih nyaman menulis lewat handphone.

Dan setelah beberapa kali coba-coba aplikasi menulis untuk Android, berikut beberapa alasan saya untuk balik ke Writer Plus lagi.


Pertama dari segi desain. Aplikasi ini cukup simpel buat orang-orang yang butuhnya hanya nulis. Serius! Nggak terlalu banyak fitur text formatting karena aplikasi ini menggunakan Markdown. 

Sederhananya, untuk mengatur format teks kita hanya perlu membubuhkan beberapa simbol di awal dan akhir kalimat. Ya, mirip seperti formatting kalau kamu ngetik di Whatsapp.

Contohnya yang saya gunakan adalah : **bold**, *italic*, _underline_, [hyperlink].

Kedua, fitur dark theme yang memudahkan saya menulis di malam hari sambil menemani anak saya tidur. Fitur ini mengurangi cahaya yang keluar, sehingga tidak terlalu silau.

Ketiga, fitur word/character counter yang memudahkan saya untuk tahu, sudah berapa kata sih yang saya tulis. Tahu sendiri ya, beberapa lomba blog mensyaratkan jumlah minimal kata rata-rata sebanyak 500 kata.

Keempat, ukuran aplikasi yang sangat kecil. Untuk mengunduh aplikasi ini, kita hanya perlu kurang dari 1MB ruang di hati memori handphone. Sangat ringan dan hampir tidak pernah lag.

Kelima, tentang pengaturan font. Untuk aplikasi berukuran mini, Writer Plus sudah dibekali beberapa pilihan font yang bisa kita pilih sesuai selera. Nggak banyak sih, tapi lumayan lah.

Kita juga bisa atur ukuran font sesuai dengan karakter mata kita. Saya sih memilih ukuran yang lumayan gede, supaya nggak capek bacanya.


In short, Writer Plus adalah aplikasi yang cocok buat ngedraft blog post saya berikutnya. Simpel dan esensial.

But that just me.

Share:

0 Comments: