Blogging Itu...


Apa ya? Buat saya blogging itu sederhana saja, antara lain :


1. HELPING

Pernah nggak kamu merasa bingung, bimbang, bin galau untuk menentukan destinasi liburan keluarga? Apa yang kamu lakukan?

Saya yakin sebagian besar akan ambil gadget dan....yup, Googling.

Trus kira-kira dari keyword yang kamu ketikkan, apa yang diberikan mbah Google buatmu? Seabreg blog tentang travelling.

Beruntung sekali kita yang belum pernah mengunjungi satu destinasi wisata bisa mendapat banyak sekali informasi, referensi, dan tips dari kakak-kakak travel blogger ini.

Jadi acara liburan bisa lebih terencana dengan baik ya.

2. INSPIRING

Saat saya dan istri saya ragu dengan keputusan kami untuk lepas dari ART, kami pun Googling. Di situ, saya diarahkan ke beberapa blog yang membahas topik tersebut.

Kami yang tadinya ragu pun, sedikit banyak terinspirasi oleh cerita-cerita pasangan suami istri lain yang berani memutuskan untuk lepas dari ART. Tidak mudah mengambil keputusan itu mengingat ada anak kami yang merasakan dampaknya.

Bersyukur ada kakak-kakak narablog yang ikhlas berbagi cerita dan pengalaman mereka lepas dari ART.

3. RELATING

Ada pepatah, lingkunganmu membentuk siapa dirimu.

Memilih menjadi narablog sama dengan memilih siapa yang pantas berada di sekitar kita. Karena dari mereka lah kita merasa tidak sendirian. Ada orang lain dengan passion yang sama untuk berbagi dan menginspirasi lewat cerita yang kita alami.

Minimal kalau kita merasa gila karena ngeblog, kita nggak gila sendirian lah. 😁

4. LEARNING

Setiap blog memiliki ciri khasnya masing-masing, atau sebut saja namanya niche. Topik khusus yang menjadi bahasan utama sebuah blog.

Ada pula blog yang membahas dari A-Z atau yang biasa disebut lifestyle blog atau personal blog. Bahasa Indonesianya, blog gado-gado.

Terlepas dari apapun niche yang dipilih. Menjadi narablog harus mau belajar tentang niche pilihannya, tak terkecuali terus mengasah kemampuan dasar seorang narablog...menulis.

5. COMMUNICATING

Last but not least, ngeblog itu nulis. Apakah itu nulis di blog sendiri maupun ngomenin postingan narablog lain.


Menulis adalah cara kita mengkomunikasikan pesan kita kepada pembaca. Supaya apa yang ditangkap oleh pembaca sesuai dengan yang kita harapkan, tentunya kita wajib memiliki kemampuan komunikasi efektif.

Struktur tulisan, pemilihan kata, penggunaan gambar maupun video, dan lain sebagainya.

KESIMPULANNYA

Menjadi seorang narablog atau blogger adalah pilihan. Kita semua punya alasan sendiri, kenapa memilih jadi seorang narablog.

Apapun pilihanmu, semoga itu adalah yang terbaik buatmu dan juga bermanfaat bagi orang-orang di sekitarmu.

Menurutmu, blogging itu apa sih?


Share:

0 Comments: