Share Link Jadi Networking, Secuil Kisah Bersama Warung Blogger



Dua hal yang saya lakukan di awal memulai blog adalah, membuat akun Facebook baru dan bergabung dengan grup blogger di Facebook.

Alasan saya membuat akun Facebook baru, waktu itu mikirnya sebagai blogger (halah...) berarti saya perlu membuat diri saya menjadi publik. Artinya postingan-postingan saya nantinya akan bisa dilihat, dikomentarin, di-share (walaupun jarang), banyak orang.

In short, semua orang bisa tahu apapun tentang saya.

Jadi, daripada keselip jari-jari nakal yang ngublek-ngublek isi Facebook saya, ya udah sekalian aja bikin akun baru yang go public.

Dan di akun ini, rule saya cukup simpel: tidak memposting foto pribadi dan wajah keluarga saya.

Tahu sendiri gimana kreatifnya orang-orang jaman sekarang kan. Nah, daripada daripada, mendingan mendingan. Mencegah lebih baik daripada tidak mencegah.

Langkah berikutnya setelah membuat akun Facebook baru adalah bergabung dengan grup Facebook khusus blogger.

Cukup banyak grup blogger yang saya jabanin. Dari grup internasional, hingga interlokal. Mulai yang membernya ribuan, sampai yang jumlah membernya menyedihkan.

Salah satu grup itu adalah Warung Blogger.


Jadi Warga Warung

Saya lupa pastinya, ini saya di-invite teman atau saya yang daftar sendiri. Tapi singkatnya saya pun gabung jadi member grup blogger ternggenah yang pernah saya jabanin.

Walaupun salah satu agenda saya gabung dengan grup blogger adalah sebagai cara instan mendapatkan pengunjung blog, jarang sekali saya menemukan di grup ini, member yang nge-share link-nya pamrih.

Di grup lainnya...ampun dah. Dari yang maksa minta blognya dikunjungin dengan iming-iming dia akan kunjung balik, minta orang ngeklik iklan di blognya (lah lapo...), sampai nge-spam postingan iklan.

Itulah yang membuat saya nyaman berlama-lama di Warung, main-main ke blog Warga Warung.

Banyak hal yang saya dapat sejak gabung bersama kawan-kawan Warga Warung yang budiman dan gunawan.

Dari belajar teknik dasar nulis, etika ngeblog, sampai hal lainnya di luar blog dan kepenulisan seperti, networking.

Awalnya Share Link Jadi Networking

Ada beberapa kesempatan, saya dimintain bantuan buat sekedar ngunjungin sebuah blog dia karena blog tersebut ikut sebuah kompetisi. Nggak tahu juga kompetisi apaan, lah wong saya waktu itu masih baru.

Selain itu, ada juga momen ketika saya hendak membeli template blog, saya bertanya sama salah seorang Warga Warung (sebut saja namanya Sabda) yang punya pengalaman serupa.

Lewat japri di Facebook, saya tanya-tanya dan meminta saran. Dan, dia juga nggak pelit lho buat berbagi pengalaman ke saya.

Ada juga saat ketika saya lagi galau mau boyongan dari Blogger ke Wordpress. Saya banyak tanya ke mas Febriyan Lukito tentang apa-apa yang perlu saya tahu tentang Wordpress.

Walaupun in the end, saya perpanjang kontrak dengan Blogger, nggak jadi boyongan (sori mas Feb).

Terakhir yang barusan aja terjadi, adalah tanya-tanya tentang travelling dan segala macam tetek bengeknya seperti mengurus paspor.

Saya banyak banget dibantu sama mbak Fanny yang sudah memiliki jam terbang tinggi untuk urusan travelling.

Walaupun, plan-nya berantakan gegara kesandung kasus tiket pesawat 😧.

Kesentil

Banyak banget sih faedah jadi member Warung Blogger buat saya.

Karenanya jadi agak guilty feeling waktu beberapa hari lalu dapat sentilan dari mas Yos Mo soal Warga Warung yang 'hanya' share link tapi minim interaksi.

Ya memang sih, saya pribadi sering menjadikan Warung Blogger sebagai traffic booster, soalnya kemungkinan link yang saya share dikunjungin orang itu lebih besar kalau share-nya di Warung.

Lagian, kayanya cuma blogger yang visit dan komen kan. Hehehe...soalnya saya dulu sebelum ngeblog, bolak-balik main ke blog orang ya nggak pernah komen 😁.


Kalau Besok Warung Tutup

Jadi ya begitulah cerita saya bersama Warung Blogger.

Sempat terpikir, kalau besok Warungnya tutup...kira-kira gimana nasib saya ya. Nggak minta apalagi ngedoain sih, tapi seperti kata Ariel: Tak Ada Yang Abadi

Last but not least, makasih buat Warung Blogger yang sudah memberi banyak hal buat saya sebagai blogger maupun secara pribadi.

Mungkin tulisan ini lebih cocok diposting waktu HUT-nya Warung, dengan catatan saya panjang umur. Berhubung nggak tahu 'meterannya' tinggal berapa, jadi saya posting sekarang aja.


Share:

0 Comments: